Minggu, 10 Januari 2016

Tagged Under:

Generasi Muda, Ayo Asah Bakat!

Share
 
Sumber gambar: Thinkstockphotos/kompas.com

“Sudah lulus SMA, mau kuliah, atau kerja?”

Dua pilihan yang seringkali kita tanyakan, terutama nih, anak-anak yang telah menamatkan pendidikan menengah atas. Bagi yang mampu dan diterima di perguruan tinggi pilihan, kuliah pastinya yang akan dijalani oleh anak-anak lulusan SMA. Kalau tidak, mereka akan bekerja, dimanapun. Itupun jika ada keterampilan yang memadai.

Lantas, bagaimana dengan anak-anak lulusan SMA yang tidak kuliah dan bekerja alias berdiam di rumah! Tenang, jangan bersedih hati. Banyak jalan untuk mengisi waktu luang di rumah! Apalagi kalau sudah bekerja, mengasah bakat itu berguna lho untuk menambah nilai tambah dalam kehidupan!

Nah, daripada tergoda untuk pesta dan berpergian yang tak bermanfaat—mabuk-mabukan misalnya, alangkah baiknya untuk mengasah bakat dan minat pada anak muda!  Nah, disini, saya akan menjelaskannya lebih lanjut. Siaap?

Pentingnya Mengasah Bakat pada Generasi Muda

Antara orang yang satu dengan orang yang lainnya adalah unik, dan pastinya setiap orang dikaruniai bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Meskipun kita dikaruniai bakat dan kemampuan yang luar biasa, jika tidak diasah, ya percuma saja!

Tapi masalahnya, keterbatasan waktu seringkali menjadi kendala bagi yang mengasah bakat sekaligus menekuni hobi, kecuali jika orang tersebut telah mengatur waktunya dengan baik. Oleh karena itu, mengasah bakat dan menekuni hobi ada waktu tersendiri dan jangan sampai menggangu kegiatan lainnya.

Nah, seperti inilah yang dilakukan oleh saya selepas dari tamat SMA. Menulis. Sewaktu SMA, tugasnya memang menumpuk-numpuk, belum lagi, bersemangat ikutan lomba ekskul bersama beberapa sahabat, sehingga kegiatan menulis terlupakan, dan lebih suka membaca artikel di internet. Paling tidak, saya waktu SMP menulis catatan harian dan puisi, kalau di waktu SMA saya menulis beberapa puisi juga, itupun ada tugas dari gurunya.

Pertengahan tahun 2014, saya iseng bergabung di Kompasiana. Ternyata, setelah saya menulis beberapa artikel, pengalaman terindah masuk artikel pilihan sekaligus headline membuat saya bersemangat menulis dan terus memperbaiki kualitas tulisan, sampai saat ini. bahkan, jika ada kesempatan liburan dan ada event tertentu, pasti saya hadiri.

Oiya, mengasah bakat lewat menekuni hobi itu sangat berguna lho, seperti yang telah dijelaskan tadi, menambah nilai plus dalam kehidupan! Kita jadi tahu, potensi diri kita sendiri itu yang mana. Dengan demikian, kita secara tidak langsung, bisa mensyukuri anugerah Tuhan, bukan?

Nah, bukan tidak mungkin, hobi tersebut bisa mendatangkan uang dan hadiah karena memenangkan kompetensi menulis maupun hobi lainnya.

Salam hangat dan sampai jumpa lagi!

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini