Sabtu, 24 Oktober 2015

Tagged Under:

Ternyata, Posisi Rumah Bisa Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet!

Share
Sumber gambar: http://livewallpaper.info

Selain ketersediaan jaringan Internet di suatu daerah (tergantung providernya), ternyata posisi rumah, baik yang menghadap ke arah utara, selatan, barat, dan timur bisa mempengaruhi kecepatan Internet. Karena bisa jadi, di satu wilayah, di tempat yang berhadapan ke arah timur, koneksi Internet akan berjalan lancar, dan setelah pindah tempat ke arah barat, koneksinya berubah lambat jika menggunakan laptop.

Seperti yang terjadi di wilayah Punggur, tempat tinggal saya sekarang. Pertamanya, saya menggunakan kartu modem Telkomsel di rumah lama saya yang berhadapan ke timur, hasilnya koneksinya cepat, bahkan beberapa detik pun sudah muncul. Terkadang saya menggunakan kartu Indosat dan hasilnya koneksinya sama cepatnya. Pernah saya main ke salah satu rumah teman saya yang berhadapan ke arah utara, pakai modem provider XL maupun Indosat, koneksinya cukup cepat. Saat teman saya mendaftar SBMPTN di rumah teman saya yang berhadapan ke arah selatan, koneksinya cukup cepat jika menggunakan kartu provider Indosat.

Nah, saat keluarga saya pindah ke rumah baru yang tidak terlalu jauh dari rumah lama, yang berhadapan ke arah barat, koneksi Internetnya jadi berubah, gak bisa nyambung jika pakai provider Telkomsel di dalam rumah, maka internetannya terpaksa pindah ke luar rumah demi mendapatkan koneksi yang cepat dan stabil. Beda jika menggunakan provider Indosat, koneksi Internet-nya cukup cepat, bahkan untuk memutar Youtube-nya saja sudah berjalan cukup lancar. Walaupun demikian, tetap saja koneksinya tiba-tiba lambat karena ada sedikit gangguan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki modem di rumah, sebelum Anda membeli kartu modem berserta stik-nya, hendaknya Anda menanyakan pada orang yang telah menggunakan kartu provider Internet (khusus modem) yang telah terbukti menghasilkan akses Internet yang cepat, tergantung ketersediaan jaringan di daerah masing-masing, jangan tergiur dengan iklan modem internet yang (katanya) cepat tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu. Dan tidak hanya itu, juga apakah kartu provider tersebut dapat digunakan pada segala arah (utara-selatan-barat-timur), karena jangkauan jaringan Internet tergantung dari apakah sinyal Internet tersebut dapat sampai di rumah Anda. Jangan sampai ketika sudah membeli kartu provider khusus modem, eh malah berakhir di tong sampah hanya karena tidak ada jaringan Internet-nya. Sayang sekali bukan?

Original writing by Nahariyha Dewiwiddie. Repost from Kompasiana

2 komentar:

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini