Minggu, 25 Oktober 2015

Tagged Under:

Pindah kanal TV di Lampung

Share
Ilustrasi: LinkedIn

Wah, setelah saya baca-baca di Wikipedia tentang Kompas TV di Jakarta dan sekitarnya pindah kanal, saya jadi teringat ya, beberapa tahun yang lalu, pernah ada stasiun-stasiun TV di Lampung “bentrok" dan akhirnya pindah kanal, dari kanal 42 sampai 50 UHF.

Kecuali Siger TV yang dari awal tetap 46 UHF, waktu itu Tegar TV,  LTV (sekarang iNews TV Lampung) dan Radar Lampung TV, saling pindah kanal. Bahkan Krakatau TV (sekarang RTV) dan Radar TV Lampung pernah berbagi kanal di 44 UHF.

Akibatnya gimana? Krakatau TV yang rerata berisikan acara B Channel pada waktu itu harus berbagi waktu dengan acara-acara Radar Lampung TV, artinya siaran Krakatau TV dan Radar TV punya jadwal siaran masing-masing. Selang beberapa waktu kemudian, Radar TV pindah ke kanal 48 UHF, sedangkan Krakatau TV tetap di 44 UHF.

Oh ya, sebelumnya kanal 48 UHF digunakan Tegar TV dan kanal LTV berada di 42 UHF. Karena kanal 50 UHF kosong dan kanal 52 UHF sudah lebih dulu ditempati TV One, jadinya LTV pindah kanal ke 50 UHF dan Tegar TV menempati kanal 42 UHF.

Nah, setelah itu, akhirnya dua stasiun TV baru bermunculan, seperti yang telah dijelaskan pada dua pos sebelumnya. NET TV ditempatkan di kanal 51 UHF, diantara iNews TV dan TV One, padahal angka kanal TV di Lampung kan genap-genap! Kalau Kompas TV, hadir di kanal 62 UHF! Jauh ‘kan, soalnya selisih kanal antara TV One dan Kompas TV Cuma 10 UHF. Waduh!

Sedangkan untuk kanal 22 sampai 40, gak usah dibahas! Lho? Saya gak begitu paham soal itu, bahkan beberapa channel yang ada sudah ditempatkan di kanal TV Lampung jauh sebelum saya lahir di dunia ini.

Ya udah, itu aja. Salam hangat dan sampai jumpa lagi!


UPDATE: Pertengahan Februari 2016, TV One di Lampung resmi pindah kanal ke 55 UHF. semoga bisa dimaklumi :)

4 komentar:

  1. TV one di sukarame bandar Lampung sinyalnya jelek sekali fi banding TV nasional atau TV lokal. Kyknya power transmitternya kecil banget kyk TV tingkat RT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kalau antenna baru gambarnya cling, bening banget tapi kalau antenanya Sudah lama susah nangkapnya

      Hapus
  2. TV one di sukarame bandar Lampung sinyalnya jelek sekali fi banding TV nasional atau TV lokal. Kyknya power transmitternya kecil banget kyk TV tingkat RT

    BalasHapus
  3. Ditempatku bernung pesawaran cuma ada. Trans7,Antv,,indosiar,,sctv,,tvri,,,net,,,kompas,,,yang lain menghilaaaaang....

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini