Minggu, 06 Desember 2015

Tagged Under:

Oh, Ini Toh yang Namanya Bunga Amaryllis....

Share



Saya baru tahu nama bunga yang satu ini. Padahal, sejak saya masih anak-anak, saya sering sekali melihat bunga ini di taman sekitar pabrik kopi tempat orang tua saya dulu bekerja, persis di depan mess pabrik orang Tionghoa yang berupa rumah. Bunga ini indaaah sekali.... cantik!

Setelah bunga ini heboh di media sosial, apalagi lokasinya di Yogyakarta nih, saya jadi terkesan dan bernolstagia pada masa lalu....

Setelah melihat nama bunga, wujud bunga yang saya lihat di artikel, saya jadi tahu nama bunga tersebut. Nama bunganya adalaaaah.... AMARYLLIS!

Padahal, saya gak tau nama bunga itu apa, orang tua saya bukan dosen biologi sih... Cuma karyawan biasa. Hehe. Taunya saya ingat nama bunga mawar, melati, bunga matahari, krisan... dan de el el. Sebagian besarnya saya gak tau, tapi perlahan-lahan saya tahu bunganya, lebih baik belajar meskipun sudah terlambat!

Bunga tersebut indah jika ditanam beberapa bunga saja, seperti yang saya temui di sekitaran rumah. Lha kalau ditanam ratusan bunga di tanah yang luas? Waaah lebih indah lagi, malah menyerupai kebun bunga lili di Belanda! Kereeen! Tapi ya harus ditata rapi dengan bentuk alur bunga yang sedemikian rupa biar menyamai taman bunga lili di negeri kincir angin tersebut. Sehingga, masyarakat bisa menikmati tanpa merusaknya! Benar ‘kan?

                                             

Nah, setelah terjadi insiden pengrusakan bunga tersebut, kabarnya dosen-dosen dari UGM akan menata bunga tersebut, ya tentu saja dari situs resminya! Mereka akan membuat penataan bunga amaryllis, disulap menjadi seperti taman bunga lili dari Belanda! Tentu saja dengan penanaman yang benar, diharapkan saat musim bunga pada tahun depan, bunga-bunga tersebut akan mekar indah sempurna!

Sekadar info nih, bunga Amaryllis kalau di sini nyebutnya bunga bakung dan lili hujan. Bungannya mekar memang pada awal musim penghujan, dan biasanya berlangsung selama maksimal 3 minggu, setelah itu, rontok dan mati! Warnanya biasanya jingga yang sangat indah dipandang!

                                               

Okelah, berkaca dari pengalaman saya nih, sebaiknya kita tahu nama-nama bunga yang ada di sekitar kita! Jangan terpaku pada bunga mawar, melati... dan sebagainya. rajin-rajin baca majalah pertanian dan berita dong, apalagi tentang bunga. Niscaya, bakal tahu nama bunga dan hal-hal lainnya! kalau misalnya nanti punya anak... keponakan... dan kerabat2 yang dekat sama kita, pas ditanya: “Bunga apa itu?” itu bunga Aster, misalnya, ‘kan anak-anak tahu. Kalau di masa depan mereka kuliah di bidang sains, terutama biologi, mereka sudah tahu dan paham nama organisme tumbuhan yang satu ini! Kalau gak kenal sesuatu, ya artinya tambah gak sayang ‘kan?

Salam hangat dan sampai jumpa lagi!




0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini