Selasa, 10 November 2015

Tagged Under:

Efek dari Membaca, Bisa Dirasakan Nanti!

Share
Sumber gambar: fanpop.com

Waktu saya menuliskan opini tentang kepindahan kewarganegaraan, secara tiba-tiba saya teringat apa yang pernah saya baca tentang salah seorang WNI yang tinggal di Inggris di Harian Kompas. Iya, apa yang saya baca itu dapat memperkaya saya dalam membuat opini.

Dan tidak hanya itu, saya pernah membaca tentang event Kompasianival, lalu saya baca tentang ciri-ciri introvert. Dari situlah saya dapat ide, dan akhirnya saya gabung hingga dihasilkan artikel ini. ternyata, apa yang saya baca itu, tidak sia-sia, malah jadi bermanfaat, bukan?

Daaan, masih banyak lagi pengalaman bermanfaat yang didapat dari membaca!

“Membaca adalah jendela dunia”

Kalau kalimat di atas sih gak usah diragukan lagi! Membaca, baik membaca buku maupun situs online yang terpercaya itu bisa membuka pikiran kita dan bisa merasakan pengalaman orang lain. Kita tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk merasakan pengalaman itu!

Walaupun tidak bisa dirasakan sekarang, efek dari membaca bisa dirasakan nanti, ketika menuliskan opini yang berkaitan dengan apa yang kita baca. Iya dong! Karena untuk bisa menulis, apalagi menulis yang berbobot, butuh membaca yang lebih banyak! Jangan Cuma jalan-jalan aja dan hadiri seminar doang....

Banyak lho penulis-penulis sukses dan berbakat yang justru gemar membaca dalam kesehariannya. Jangan jauh-jauh deh! Pengelola Kompasiana, kang Pepih Nugraha saja adalah seorang yang gemar membaca. Pantas saja ketika saya membaca tulisan di Nextren maupun di buku karya beliau, pasti bukan sembarang tulisan, kecuali berdasarkan apa yang beliau pernah baca. Tulisan-tulisan beliau memberi saya pengetahuan baru karena tulisan beliau bagi saya itu “aktual”

Alhamdulillah, sejak kecil saya suka membaca dan kenal dengan buku. Hanya saja perlu pembiasaan lebih dalam membaca di media cetak, terutama buku yang berkualitas supaya pengetahuan saya bertambah luas. Dan, berkat kesukaan tersebut, banyak keuntungan yang saya peroleh seperti yang telah saya jelaskan di atas. gak ada ruginya!

Ayo, teman-teman! Daripada bengong dan gaul dengan teman gak jelas, ganti temannya dengan buku! Dijamin, buku tidak akan memperbudakmu, bahkan buku akan membimbingmu untuk menambah ilmumu untuk melakukan sesuatu!

Salam hangat dan sampai jumpa lagi!

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini