Kamis, 22 Oktober 2015

Tagged Under:

Harapan Masyarakat Metro dan Sekitarnya untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia

Share
Sumber gambar: alviemetro.blogspot.com

Kalau ditanya dimanakah kota pendidikan di Lampung, pasti akan menjawab: Kota Metro. Yap, kota Metro adalah kota terpenting kedua di Lampung setelah Bandar Lampung. Walaupun kota kecil, Metro telah bertransformasi dari ibu kota kabupaten manjadi kota madya setingkat kabupaten. Segala kebutuhan telah tersedia di kota ini, dari pasar tradisional, minimarket, senayan, pusat pembelanjaan, bahkan sekolah dan kampus sudah ada di kota ini. Tak heran jika warga sekitar Lampung Tengah dan Lampung Timur memilih berbelanja, berobat, bahkan sampai sekolah dan kuliah pun mereka memilih Metro sebagai tujuan mereka. Meskipun serba lengkap, namun rasanya ada yang kurang dari kota ini. Apa saja ya?

Selama ini calon mahasiswa banyak bertumpu pada STAIN Metro dan PGSD Unila sebagai tujuan mereka kuliah. Ya bagaimana lagi karena biaya kuliahnya sangat murah, bahkan Unila menyediakan Bidikmisi bagi calon mahasiswa yang kurang mampu. Sedangkan UM Metro, meskipun jurusannya lebih lengkap, tetap saja harus merogoh kocek lebih dalam, bahkan UM Metro tidak menyediakan bidikmisi. Stigma PTN yang murah dan berkualitas itulah yang membuat calon mahasiswa memburu PTN sebagai tujuan kuliah, bahkan mereka rela untuk belajar setiap hari untuk memasuki lubang jarum seleksi yang sangat ketat. Kalau tidak diterima di PTN, kebanyakan mereka tidak kuliah terutama bagi golongan kurang mampu. Sedangkan yang mapan, tidak masalah mereka kuliah di PTS yang lengkap dan bagus.

Sudah saatnya pemerintah kota memperhatikan hal ini. Sebagai kota pendidikan, masyarakat Metro dan sekitarnya merindukan adanya PTN baru, minimal universitas sebagai tempat menuntut ilmu, terutama bagi siswa tertentu yang tidak diperbolehkan kuliah di luar kota. Contohlah kota Malang yang letaknya jauh dari Surabaya, sudah memiliki 2 PTN dan 1 PTAIN, Purwokerto yang kabupaten biasa, sudah memiliki 1 PTN, kota Magelang sudah memiliki PTN baru, bahkan kota pelajar seperti Yogyakarta sudah memiliki 3 PTN dan 1 PTAIN. Seharusnya kota pendidikan seperti Metro itu minimal punya 1 PTN, yang menyediakan jurusan secara lengkap, tidak hanya keguruan, juga jurusan ilmu murni, teknik, sosial politik, bahasa dan sastra, hingga kedokteran, sehingga masyarakat tidak perlu bingung dalam memilih jurusan kuliah di Metro, sekaligus mengimbangi arus kuliah di Unila yang sudah kelebihan peminat. Semoga impian masyarakat untuk memiliki universitas negeri di Metro akan segera terwujud. Aamiiin.

Original writing by Nahariyha Dewiwiddie. Repost from Kompasiana.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini