Kamis, 22 Oktober 2015

Tagged Under:

Ketika Ide Menulis Datang Terlambat

Share
Sumber gambar: www.inetsolutions.org

Pernahkah Anda tiba-tiba datang ide menulis, padahal sudah lewat beberapa hari yang lalu? Pernah, ‘kan? Kalau begini ya tulisannya gak aktual lagi, dong! Padahal, tulisan yang berdasarkan berita aktual, pastinya ya memberi nilai lebih pada pembaca, untuk mengetahui kabar terbaru plus opininya dari para penulis dan blogger, terutama para Kompasianer.

Terkadang opini yang muncul di kalangan masyarakat, katakanlah opini warga yang idenya bersumber dari berita, dituliskan setelah menerima berita dari berbagai sumber. Dan berita memiliki batas waktu tertentu, biasanya sih beberapa jam setelah berita muncul sampai lewat seharian. Makanya, banyak Kompasianer, juga penulis blog yang berlomba-lomba untuk menuliskan opininya dalam kurun beberapa jam setelah berita aktual ditayangkan di berbagai media.

Tapi, untuk membuat opini berdasarkan berita, gak bisa langsung cepat selesai, bak simsalabiim! Butuh waktu untuk mengumpulkan data-data yang mendukung kepenulisan, mencari referensi sampai berpikir beberapa jam untuk mengumpulkan bahan menulis yang telah tersimpan di dalam otak, brainstroming istilahnya.

Khusus untuk artikel reportase, mengetahui jadwal event yang hendak diliput menjadi hal penting yang harus diketahui para penulis lepas, apalagi yang hobi mereportase kegiatan di lapangan. Kalau terlewat, ya sudah. Menyesal! Gak bisa menulis. Padahal, yang sudah jatuh cinta dengan menulis, ide apapun harus dicari dan dicari agar terus menulis sepanjang waktu. Iya gak?

Seperti yang pernah saya utarakan di artikel ini, karena saya terlewat mengetahui informasi bedah buku via Twitter, jadinya saya gagal bertemu Yudi Lesmana di Bandar Lampung, dalam acara bedah buku “Seri Ingatan Gajah”. Oiya, ada yang tau gak, siapa Yudi Lesmana itu? Pemilik daya ingat terkuat di dunia dan meraih gelar Grandmaster of Memory!

Kembali pada ide menulis. Nah, saya punya tips nih, biar ide menulis tetap datang dalam situasi yang tepat. Caranya adalaaah:

1. Sering-seringlah cari event menarik, biasanya yang mengumumkan kan lewat berita di akun Twitter. Usahakan dapat info kapan event itu dilaksanakan, supaya bisa datang dan mereportasenya!

2. Cari berita untuk ide menulis jangan terpaku pada satu tema saja, ya! cari keyword berita yang lain, siapa tahu ada ide untuk menulis. Misalnya ya, waktu saya mencari berita tentang Lampung, ternyata ada berita yang bisa memberi ide! Sayang sudah terlewat tiga hari yang lalu. Jadi berkuranglah nilai artikelnya, hehe :D

3.  Keluar rumah, dan jalan-jalan ke berbagai tempat di kota! Siapa tahu, ada banner dan spanduk berisi pengumuman event yang akan dan sedang dilaksanakan. Nah, waktu itu ya, ketika saya jalan-jalan di Toko Buku Gramedia Cabang Atmo, Palembang, saya gak sengaja nih, nemu pengumuman ada talkshow bedah buku Inilah Saatnya untuk Action! yang dilaksanakan 24 Mei lalu. Bonusnya lagi, ada narasumber, salah satunya Pemegang Guiness World of Record bidang daya ingat, siapa lagi kalau bukan Dominic Brian!

Okelah, sekian dulu tips dari saya. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini