Kamis, 15 Oktober 2015

Tagged Under:

Kehabisan Ide untuk Menulis? Begini Caranya!

Share
sumber gambar: viva.co.id

Terkadang, untuk menemukan ide untuk menulis itu seringkali sudah “dicuri” oleh orang lain yang telah lebih dulu menulis. Susah untuk menulis sesuai dengan passion yang dimiliki, apalagi topik “rame” yang tidak semua orang tertarik untuk menuangkan ke dalam kata-kata.
Inilah yang sering dialami oleh saya, saya sudah berusaha untuk merangkai kata-kata yang baik, namun apadaya pembacanya sedikit sekali, mungkin idenya sudah sering dibahas oleh orang lain, maupun, mungkin waktu posting-nya yang salah.

Nah, daripada pusing mikirin ide yang gak jelas, mending saya ajak Anda untuk berbagi tips, biar Anda konsisten menulis dengan ide-ide yang lebih segar:

1. Carilah kabar teraktual, biasanya acara TV terbaru, film terbaru, dan sebagainya. Ketika saya tahu kabar tentang acara “Kangen OVJ” di televisi, saya cepat-cepat beritahu ke netizen lewat menulis di Kompasiana, alhamdulillah respon pembacanya cukup baik, sudah dibaca ratusan orang, dan di-share 50x ke status Facebook!!!

2. Membaca berita/ide yang sudah ada (bahkan berita terkini), dan berpikirlah opininya dengan cara menghubungkan dengan ide lain yang serupa, maupun cara “out the box”. Nah, saya menghubungkan berita tentang izin RCTI yang akan dicabut oleh KPI, dan ide tentang nasib program RCTI saya dapat lewat berpikir sendiri. Berpikir tentang masa depan. Tidak disangka, artikel pertama saya di tahun 2015 ini masuk ke dalam jajaran HL dan dibaca ribuan orang, padahal artikel saya akan dinilai biasa saja.

3. Jalan-jalan di tempat yang baru, mencari ide dan tempat yang belum diekspos media, juga berbagi pengalaman yang unik dan baru. Banyak tempat di Indonesia dan di luar negeri, baik di sudut jalan, maupun tempat wisata yang tersembunyi dan belum dikenal banyak orang. Juga even menarik yang ingin diliput setelah kita mengetahui kabarnya. Ini merupakan tantangan bagi pengunjung, untuk berbagi pengalaman mereka, dan melaporkan tempat-tempat yang unik dan menarik.

4. Mengobrol dengan orang lain. Terkadang setelah mengobrol dengan orang lain, saya dapat ide baru dalam menulis. Dan inilah yang terjadi setelah saya mengobrol dengan adik kelas saya, akhirnya saya terinspirasi untuk menulis tentang mengurus beasiswa.

Nah, itulah tips dari saya, semoga bermanfaat dan tetap konsisten dalam menulis!

Salam hangat!

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini