Selasa, 27 Oktober 2015

Tagged Under:

SPAN-PTKIN, SNMPTN versi Kemenag

Share

Sumber gambar: http://www.penerimaancalonmahasiswabaru.com
Beberapa bulan lagi, semester 2 akan dimulai pada tahun 2016, dan yang pasti, adik-adik sudah punya rencana belum, untuk melanjutkan kuliah? Kalau belum segera rencanakan! Nah, saya akan membahas salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia.

Sejak SPAN-PTAIN (kini SPAN-PTKIN) dibuka pertama kali tahun 2014 ini, banyak teman-teman yang beramai-ramai untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru melalui jalur undangan yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama ini, tak terkecuali dengan sekolahku (sekarang almamaterku). Kebanyakan mereka mendaftar SPAN-PTAIN dikarenakan mereka mencadangkan pilihan kampus mereka jika gagal dalam SNMPTN. Namun ada juga yang menjadikan pendaftaran lewat jalur ini sebagai prioritas utama. Bagi yang lebih berminat di ilmu umum, IAIN Raden Intan telah menyediakan jurusan secara lebih lengkap. Sedangkan yang menginginkan kuliah murah dan dekat dari rumah serta berminat pada keislaman, di STAIN Metro-lah tempat yang lebih tepat.

Setelah SNMPTN dan SPAN-PTAIN menyampaikan pengumuman, yang diterima di SNMPTN hanya 2 orang, sedangkan yang diterima di SPAN-PTAIN jauh lebih banyak, lebih dari 25 orang diterima di IAIN Raden Intan Bandar Lampung dan STAIN Metro. Mereka kebanyakan akan mengambil jurusan mereka jika diterima, kecuali karena punya jurusan lain yang lebih cocok, masalah finansial hingga lokasi kuliah. Bagi teman-teman yang mengambil kuliah di STAIN Metro sudah merupakan hal yang tak asing lagi. karena sepanjang alumnus sekolahku setiap tahun selalu mengambil kuliah di STAIN Metro yang sudah terkenal karena lebih murah biayanya dan dekat dari rumah. Namun, bagi teman-teman yang lebih memilih IAIN Raden Intan sebagai tempat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, ini menjadi 'perintis' dari lulusan sekolahku, karena selama ini belum ada yang tertarik kuliah di tempat ini, mungkin karena terbuai dengan populernya STAIN Metro? Entahlah.

Yang pasti ini adalah pilihan teman-teman, apalagi SPAN-PTAIN telah membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi teman-teman yang kuliah di PTAIN (STAIN, IAIN, UIN) melalui jalur undangan secara online yang diselenggarakan oleh Kemenag. Sebelum tahun 2014, seleksi PTAIN (SPMB-PTAIN) dibagi menjadi dua, yaitu jalur akademis dan jalur tulis. Melihat perkembangan dari Kemendikbud pada tahun 2013, yang memisahkan menjadi SNMPTN untuk jalur undangan dan SBMPTN untuk jalur tulis, maka Kemenag juga memisahkan jalur penerimaan untuk calon mahasiswa PTAIN tersebut menjadi SPAN-PTAIN untuk jalur undangan dan UM-PTAIN untuk jalur tulis. Hal ini sangat menguntungkan mahasiswa agar memudahkan untuk pendaftaran dan melanjutkan studi.

Nah, sudah jelas, bukan? Kalau begitu, salam hangat dan sampai jumpa lagi!

Ditulis asli oleh Nahariyha Dewiwiddie. Diposting ulang dari Kompasiana dengan pengeditan seperlunya.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini